Rabu, 16 Agustus 2017

Makanan Yang Bisa Memicu Depresi.



Selain kegiatan sehari-hari yang bisa menimbulkan depresi, ternyata makanan pun bisa menyebabkan kamu megalami depresi. Banyak studi menyebutkan bahwa salah faktor pemicu depresi adalah makanan. Karena itu, penting bagi kita untuk menjaga asupan nutrisi demi kesehatan fisik maupun mental.

Depresi merupakan gangguan mental yang disebabkan oleh ketidakseimbangan zat kimia di otak. Beberapa gejala dari depresi di antaranya selalu letih namun tidak bisa tidur, tidak ingin melakukan apa pun, dan kesedihan yang berlanjut.

Untuk mengobati depresi ada beberapa cara yang bisa di lakukan seperti terapi psikologis atau menggunakan obat-oabatan, namun mencegah lebih baik dari pada mengobati kan, jadi sebelum kamu mengalami lebih baik kamu mengatahui hal-hal apa saja yang dapat meicu depresi itu sendiri, termasuk beberapa makanan di bawah ini, kandungan yang terkandung di dalamnya lah yang dapat memicu depresi muncul.

Berikut ini beberapa makanan yang dapat menimbulkan depresi :

1.  Kafein.



Makanan yang memilki kafein di dalamnya yaitu kopi, teh, ataupun coklat. Memilki potensi membuat orang lebih mudah depresi jika di konsumsi adalam jumlah banyak, untuk itu bujaklah dalam mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein di dalamnya.

2.  Makanan tinggi garam dan gula.



Sebagaian orang percaya bahwa makanan asin bisa membuat mood kembali baik. Namun walaupun begitu kamu harus tetap bijak dalam mengkonsumsi makanan dengan kandungan garam tinggi, karena dapat berpengaruh pada aspek-aspek dari sistem saraf, dan dapat menyebabkan keletihan sehingga bisa membuat orang makin depresi.

Selain makanan dengan kandungan garam tinggi, makanan tinggi gula pun dapat memilki dampak yang sama, saat orang mengkonsumsi makanan manis bisa mneyebabkan wanita samakjn depresi, Hal ini di karenakan karena konsumsi gula berlebih dapat mempengaruhi kerja otak yang dapat menyebabkan penurunan konsentrasi.

Sealain itu pemanis buatan juga memilki dampak buruk untuk otak, di samping hal positive karena memilki kadar kalori yanglebih rendah dari gula alami, ternyata pemanis buatan dapat menyebabkan insomnia, sakit kepala, dan perubahan mood, ketiga hyal inilah yang daapt memperburuk kondisi depresi.

3.  Alkohol



Alkohol memang meberi efek tenang dan membuat penderita defresi daapt lebih mudah tidur serta melupakan masalah, namun efek itu hanya sementara. Setelah efek alkohol hilang kamu akan merasakan kembali bahkan lebih dari sebelumnya, hal ini lah yang akan memicu timbulnya depresi.

Untuk menjauhkan kamu dari depresi lakukan pola hidup sehat, perhatiakan setiap asupan nutrisi yang masuk kedalam tubuh kamu dan jangan lupa untuk berolahraga secara teratur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar