Rabu, 21 Juni 2017

Lumpuh Otak ( cerebral palsy ) Pegobatan dan Pencegahan

Lumpuh Otak (  Cerebral Palsy ) Pegobatan dan Pencegahan




Lumpuh otak merupakan kondisi yang tidak dapat disembuhkan. Meski begitu, beberapa jenis penanganan yang ada saat ini sudah mampu mengurangi sebagian besar gejalanya. Jenis penanganan yang diberikan dokter biasanya bervariasi, tergantung dari gejala apa yang dialami oleh pasien lumpuh otak, dokter baru akan mampu memberikan solusi atau pengobatan yang tepat di mana obat-obatan dan terapilah jawabannya.

  1. Obat-obatan seperti diazepam, botulinum toxin, dantrolene, tizanidine, serta obat-obatan antikolinergik adalah contoh obat yang akan diberikan kepada penderita lumpuh otak. Tak semua obat ini kemudian diberikan kepada penderita karena dokter juga akan memberikan berdasarkan gejala yang dialami
  2. Terapi bicara. Sesuai dengan namanya, terapi ini diperuntukkan bagi pasien lumpuh otak yang mengalami gejala sulit bicara. Di dalam terapi ini, anak akan dilatih berkomunikasi dengan alat bantu seperti komputer atau simbol-simbol maupun gambar yang mewakili suatu benda.
  3. Terapi okupasi. Di dalam terapi ini, ahli akan menelaah kesulitan apa saja yang dialami penderita sehari-hari, misalnya berpakaian atau pergi ke toilet. Setelah masalah teridentifikasi, kemudian ahli akan membantu pasien mengatasi kesulitan tersebut. Terapi ini terbilang cukup berhasil dalam mendorong kemandirian pasien.
  4. Fisioterapi adalah solusi pengobatan bagi penderita lumpuh otak yang dibantu oleh seorang ahli. Tujuan dari fisioterapi ini adalah sebagai pencegah berkurangnya jarak pergerakan otot serta pencegah melemahnya otot tubuh yang penderita jarang gunakan.
  5. Operasi. Di sini ada 2, yakni operasi pengalihan saluran kelenjar air liur serta operasi ortopedi.

  • Operasi pengalihan saluran kelenjar air liur. Melalui prosedur ini, saluran air liur yang menuju ke depan mulut diubah menjadi menuju belakang mulut. Operasi ini ditujukan bagi penderita yang kesulitan mengendalikan air liur mereka.
  • Operasi ortopedi. Bentuk tindakan yang dilakukan misalnya adalah dengan memperbaiki masalah yang terjadi pada sendi dan tulang melalui operasi tulang, dan memperpanjang urat tendon atau otot yang terlalu pendek melalui operasi jaringan lunak.

Pencegahan Lumpuh Otak

Pencegahan yang paling tepat adalah dengan mengikuti tips diet sehat baik sebelum maupun pada masa kehamilan, yakni dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan-makanan bernutrisi saja. Bila bepergian pun selalu waspadai lingkungan yang kiranya terdapat bahan-bahan kimia berbahaya. Selalu cek kesehatan dan kondisi janin ke dokter supaya bila ada yang kurang beres bisa diatasi sedini mungkin.

Pada saat ibu mengandung pastikan untuk tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol.

Memperhatikan konsumsi saat hamil. Dengan mengkonsumsi vitamin dan asupan nutrisi, pastikan melakukan vaksinasi selama kehamialn dan hindari mengkonsumsi obat apabila tidak menggunakan resep dokter.


Itulah cara yang dapat anda lakukan untuk melakukan pencegahan dan meminimalisir terjadinya gangguan kehamilan salah satu diantaranya adalah celebral palsy. Perhatikan pula ketika bayi anda telah dilahirkan, perlakuan terhadap resiko kerusakan otak yang mungkin meningkatkan kemungkinan cerebral palsy. Celebral pasly sendiri bukan penyakit khusus akan tetapi merupakan serangkaian gangguan pada gerakan sehingga kondisi ini cukup bervariasi dimana otak sebagai pengontrol tidak dapat berfungsi semestinya. Layanan serta edukasi khusus sebaiknya memang diadakan supaya anak-anak usia sekolah dapat mengenal akan kondisi lumpuh otak ini. Tak hanya itu, diperlukan pula sikap positif dalam menghadapi penderita lumpuh otak.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar